Penayangan bulan lalu

Kamis, 18 Oktober 2012

Membaca Peluang Usaha bisnis Online



Membaca Peluang Usaha bisnis Online

Dalam era moderenisasi sekarang ini, globalisasi yang melanda dunia secara luas telah melepaskan batasan-batasan teritorial diantara warga dunia termasuk Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai informasi dunia yang dapat kita peroleh secara cepat. Indikasi yang dapat dilihat adalah pertumbuhan pengguna internet yang semakin bertambah tiap tahunnya. Penguna internet di Dunia yang di hitung oleh situs www.internetworldstats.com adalah 2,267,233,742 pengguna. Dengan hampir 45 persen pengguna internet berada di benua Asia. Hal tersebut dapat di lihat pada gambar dibawah ini.

Penggunaan internet tersebut juga mendorong kegiatan ekonomi tersendiri yaitu dengan berkembangnya bisnis secara online atau e-Commerce. Khsusnya di  Indonesia, berdasarkan situs www.internetworldstats.com Indonesia berada pada posisi ke empat di Asia sebagai pengguna Internet terbesar yaitu denga 55 juta pengguna internet. Menurut Arnold Sebastian Egg, pendiri Tokobagus.com bahwa Indonesia berpotensi menjadi pusat bisnis online dunia pada tahun 2012 ini.
Pada dasarnya potensi yang dimiliki Indonesia telah mumpuni untuk menjadi negeri yang maju, baik dari sisi ekonomi dan sumberdaya manusianya. Dengan penduduk terbesar ke empat di dunia dan juga sebagai negeri beriklim tropis dunia yang memiliki kekayaan alam berlimpah di darat dan lautnya. Namun kesadaran penduduk Indonesia dalam berbisnis masih tergolong rendah. Menurut Agus Muharram,  Deputi Menkop dan UKM bidang Pengembangan SDM,  Kemenkop & UKM persentase penduduk Indonesia yang berwirausaha hanya 1,56% pada januari 2012.
Dengan demikian dapat dilihat bahwa korelasi antara pengguna internet yang besar di Indonesia belum mempu mendongkrak jumlah wirausahawan muda yang terjun dalam bisnis, khususnya bisnis online. Karena memang masalah utamanya adalah kesadaran pengguna internet yang masih rendah dalam memulai bisnis online.
Pada dasarnya maraknya bisnis online sekarang ini dipengaruhi oleh  munculnya berbagai perangkat teknologi dan digital yang dapat menjangkau kelas menengah kebawah dan juga jasa produk penyedia internet yang murah dan bersaing. Sehingga kalangan bisnis umunya kini banyak beralih dari bisnis secara nyata menjadi bisnis secara online.
Maka dari itu, bila dicermati, peluang bisnis online sekarang ini sungguh sangat besar. Masalahnya adalah apakah kita sebagai pemakai jasa internet mampu untuk memberdayakannya atau hanya menjadi penikmat jasa saja dan juga seberapa besar peran pemerintah untuk menyokong bisnis online tersebut agar berlangsung secara sehat dan aman.
 Dengan demikian untuk memulai bisnis online ada beberapa langkah-langkah awalan yang dapat kita lakukan yaitu :
1. Menumbuhkan Jiwa Wirausaha
Menurut Inpres No. 5 tahun 1995 wirausaha mengandung arti semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah kepada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Atau singkatnya kita harus mempunyai kepribadia yang wira dan usaha. Wira berarti mulia, luhur, unggul, dan usaha berarti kemampuan melakukan usaha atas kemampuan sendiri. Hal ini tidak mungkin bisa tampa kita.
2. Peka Akan Kebutuhan Masyarakat
Sebagai pengguna internet setia, maka wajib dari kita mengetahui apa saja yang tren di masyarakat sekarang ini. Mulai dari kebutuhan yang sekarang sedang di minati hingga apa saja yang tidak di sukai masyarakat. Seperti halnya peneliti, meneliti kebutuhan masyarakat memang memerlukan kepekaan sendiri yang tiap-tiap individu memiliki kemampuan yan berbeda-beda. Tetapi yakinlah dengan sering melihat masyarakat kepekaan akan terbuka lebar.
3. Keep Online
Tidak harus punya gadget yang bagus untuk tetap bisa bercengkrama dengan dunia internet, minimal dengan rental internet, kamu sudah mampu untuk berinteraksi dengan dunia maya.
4. Belajar Mengenai Cara Membuat E-Commerce Di Internet
Banyak cara untuk membuat blog, web, dan social media yang bertujuan untuk e-Commerce. Contohnya adalah bloger, wordpress, joomla, Social Media dan banyak lagi lainnya. Dan hampir samuanya gratis tampa di pungut bayaran. Mungkin untuk hosting web dalam kapasitas yang besar saja yang akan di kenakan biaya tambahan. Mudah bukan untuk memulai bisnis online
5. Memulai Ide Bisnis
Untuk memulai ide bisnis, selain dengan membaca peluang juga bisa dilakukan dengan cara membuat pohon berfikir atau kerangka berfikir. Dimulai dari ide utama lalu diturunkan menjadi bentuk-bentuk yang lebih umum dan khusus.  Cara ini dikenalkan kepada saya ketika mengikuti mata kuliah Kewirausahaan di semester lima.
6. Mencari, Mebuat, Dan Menjada Jaringan
Ketika ide bisnis sudah di temukan, hal selanjutnya adalah mencari dan membuat jaringan. Dapat dimulai dari keluarga, teman-teman, dan jaringan di social media. Dapat juga langsung mengunjungi pusat perbelanjaan untuk mensurvei langsung.
7. Semangat Dan Selamat Berjuang
Kalau keberanian, ilmu, ide bisnis, dan jaringan sudah kita dapatkan, lalu apa yang harus kita tunggu lagi. Untuk hasil biarlah Tuhan yang tentukan tapi usaha 100% kita yang kuasai. Untuk itu harus semangat dan berdoa agar di mudahkan usaha kita. Amin

0 komentar: